Apa Itu Tanaman Porang? Berikut Penjelasan Dan Manfaatnya

-- --
NONO SEHAT.  Porang Saat Ini Memang salah satu tanaman yang menjadi Buruan Para Petani ya, di mana prospek atau penghasilan dalam menanam tanaman porang ini sangat menjanjikan. Tanaman porang dengan nama latin ( Amorphopallus oncophillus ) hidup dihutan tropis, dimana tanaman porang ini juga bisa hidup di dataran rendah pula.  

Tanaman Porang

Ciri Ciri Tanaman Porang !

Tanaman porang sendiri memiki ciri  ciri fisik yang berbeda dengan tanaman sefamilynya seperti yang sudah banyak di ketahui seperti iles iles,suweg,walur dan masi banyak lagi karena beda daerah beda pula namanya ya sahabat Nono sehat.nah berikut ciri ciri fisik tanaman Porang :

- Memiliki batang tunggal yang memecah menjadi tiga Batang Sekunder dan memecah lagi menjadi tangakai daun
- Memiliki Batang lunak serta berwana hijau belang belang putih
- Memiliki Umbi di dalam tanah
-Memiliki katak /bubil sebagai bibit yang akan tumbuh di setiap pertemuan batang

Manfaat Tanaman Porang

Tanaman porang juga memiliki kandungan zat glucomanan dimana zat tersebut di gunakan untuk keperluan industri dan kesehatan. seperti bahan lem, perekat tablet, bahan mie,felem,penguat kertas,beras diet,kosmetik, penjernih air,campuran bahan baku industri, dan masi banyak lagi.menggenal tanaman porang memiliki kandungan yang kaya manfaat, tidak heran jika para petani membudidayakannya, terlebih tanaman porang sendiri sudah banyak di ekspor ke luar negeri ,yaitu ke negara jepang dan tiongkok.

  Baca Juga : 5 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Lalu Bagaimana Cara Untuk Membudidayakan Tanaman Porang ? 

Mungkin bagi orang yang baru mengenal tanaman porang ini memiliki pertanyaan yang sama ya ? bagaiama cara untuk mebudidayakan porang dengan benar bukan. untuk perkembangbiakan porang ada 3 cara pembibitan yaitu melalui :

- Bibit Katak 
-Bibit biji dari bunga
-Bibit dari umbi porang

Tentunya dengan berbeda bibit tanam berbeda pula masa waktu panen , jika menggunakan bibit katak biasanya dari mulai penanaman katak hingga panen mebutuhkan waktu sekitar 2-3 tahun untuk hasil maksimal.untuk menanam menggunakan biji bunga tentunya membutuhkan waktu yang lebih lama ya, dan untuk yang tercepat menggunakan bibit umbi di mana, cepat atau tidaknya masa panen tergantung besar kecilnya bibit umbi yang kalian tanam di awal start tanam.biasanya jika menggunakan bibit umbi sedang atau besar memakan waktu  6-7 bulan untuk bisa panen.
 
Lalu Bagaiamana Cara Panen Tanaman Porang ?
 Nah untuk cara memanen tanaman porang:

-Mengambil umbi yang paling terlihat besar.
-Untuk umbi yang kecil biarkan saja di tempat lahan pertanian, agar jika musim hujan dapat tumbuh kembali.
- Setalah mengambil umbi porang yang besar kalian bisa langsung bersihakan dari akar dan tanahnya
-Umbi kemudian Di iris dengan ukurang sesuai kebutuhan lalu di jemur 

  Baca Juga : Kaya Manfaat Rebusan Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan

Nah mungkin itu saja yang dapat Nono Sehat Sampaikan di artikel Apa Itu Tanaman Porang? Berikut Penjelasan Dan Manfaatnya , semoga dengan kalian membacanya kalian mendapat informasi yang mudah mudahan dapat memberikan manfaat. Salam Nono Sehat.


EmoticonEmoticon